Komputer grafik adalah sebuah proses
pembentukan maupun manipulasi suatu model atau citra. Istilah komputer
grafik pertama kali di temukan oleh William Fetter pada tahun 1960.
Berikut sejarah perkembangan komputer grafik.
- 1960, William Fetter, dimulainya pembuatan model animasi
- 1963, Ivan Shutherland (MIT), menggunakan sketcpad (Manipulasi langsung, CAD), alat untuk menampilkan vector.
- 1968, Evans & Shutherland.
- 1970, Pierre B’eezier, pengembangan kurva B’eezier.
- 1972 Ditayangkannya film Westworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
- 1974, Ed Catmull mengembangkan z-buffer.
- 1976, Jim Blinn mengembangkan texture dan bumo mapping
- 1977, Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
- 1979, Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing.
- Pertengahan tahun 70an – 80an, pengembangan Quest for realism radiosity.
- 1982, Pengembangan grafik untuk menampilkan partikel.
- 1984, Digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
- 1986, Film hasil produksi grafik komputer di masukkan dalam academy award, Luxo Jr. (PIXAR).
- 1989, Film Tin Toy (PIXAR) memenangkan Academy Award.
- 1995, Produksi film 3D animasi panjang pertama “Toy Story” (PIXAR & DISNEY).
- Akhir tahun 90an, teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran.
- Tahun 2000 ditemukan perangkat keras untuk real-time photorealistic dan rendering image.
Sejak terjadi pengembangan yang pesat dari tahun ke tahun grafik
komputer di gunakan sebagai teknologi yang interaktif dalam
pengembangan, maupun penggunaannya. sampai sekrang ini komputer grafik
dapat di sinkroinkan dengan suara dalam pembelajaran multimedia.
Beberapa software yang di gunakan untuk memanipulasi grafik adalah
blender, 3D xmax, CorelDraw, Photoshop, Inkscape, Gimp, dll.
Teknologi Display Komputer Grafik
Cathode Ray Tubes (CRT) mampu menampilkan vektor dan raster dan
merupakan awal mula di mana teknologi komputer mengunakan user interface
untuk kemudahan dengan pengguna. Tidak hanya itu CRT juga merupakan
pengembangan awal dari teknologi televisi.
Liquid Crystal Display (LCD) mampu menampilkan gambar labih halus
dengan menggunakan teknologi molekul kristal yang teranyam dan
mempolarisasi cahaya. LCD berfungsi sebagai katup cahaya yang tergantung
pada cahaya dari luar.
Plasma, mempunyai cara kerja yang mirip dengan lampu neon. kapsul
yang berisi gas yang di gerakkan oleh medan listrik menghasilkan UV. UV
menggerakkan phosfor dan phosfor menghasilkan beberapa warna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar